Panduan Internet dan Teknologi untuk Kehidupan Manusia

Panduan Lengkap Menginstall Custom Rom pada Ponsel Imo S89 Miracle

1 comment
Panduan Lengkap Menginstall Custom Rom pada Ponsel Imo S89 Miracle - Malam minggu kemaren iseng-iseng pengen ganti custom rom ke handphone imo s89 miracle. Akhirnya menemukan komunitasnya di forum tercinta kaskus, saya putuskan untuk menggunakan MIUI custom rom karena tampilannya yang orange segar dan cerah. Langsung saja download filenya sebesar 280 MB. Pada artikel ini, saya akan mencoba membahas step-by-step mengcustom rom android pada handphone S89 miracle, dari kondisi baru belum di root sampai menginstall recovery dan custom rom pilihan anda.

Hati-hati, garansi ponsel imo s89 anda akan hangus

Ya, jika ketahuan oleh pilhak imo anda telah membuka segelnya, yaitu me-root mereka akan bilang bahwa garansi ponsel anda hangus. Tidak pedulu anda beli ponselnya kemaren sore. Jadi, lakukan ini dengan penuh tanggung jawab.

Tapi, ngomong-ngomong soal tanggung jawab, imo banyakan nggk tanggung jawabnnya kok. Nggk percaya? cek saja ketika ada komplain soal devicenya. Sudah nunggunya lama, solusinya nggk solutif.

Langkah 1, Proses Root

Untuk menaman recovery CWM, kita harus membuka ponsel imo dengan cara di root. Tidak perlu menjadi programmer atau hacker untuk melakukannya. Caranya simple banget. Download software untuk rooting dan backupnya disini kemudian ikuti step-by-stepnya disini. Setelah di root, anda bisa menuju ke langkah selanjutnya, yaitu menginstall recovery

Langkah 2, Install Recovery

Kita tidak usah menginstall custom rom melalui program PC yang rumit, apalah namanya itu seperti flasing tools dsb. Kita cukup gunakan recovery  CWM yang bisa didownload disini. Cara menginstallnya, ikuti langkah langkah dibawah ini

  1. Download mobile uncle dari play store.
  2. Taruh file recovery yang sudah didownload tadi di SDCard anda. 
  3. Jalankan mobile uncle dan load recovery tadi. (dari menu recovery update)
  4. Selesai
Langkah kedua udah selesai, root sudah, recovery sudah. Kalau mau masuk ke recovery gimana? khusus ponsel imo s89 gunakan tombol kombinasi volume up+Power tekan bersamaan, sampai ada logo android. Nanti anda akan dibawa ke recovery mode. Jika ponsel dalam keadaan hidup, restart ke mode recovery. 

Langkah 3, Pilih Custom rom Anda

Ini langkah final, pastikan custom rom anda stabil dan anda sukai. Kumpulan custom rom bisa dilihat disini. Kalau saya suka yang MIUI, karena desainnya segar dan warna yang bagus, orange. Tapi, ternaya MIUI tidak bisa diinstall. entah kenapa, saya juga tidak tahu, karena saya sendiri bukan programmer. Akhirnya pilihan jatuh  ke LeWa OS 5. Ikuti step-stepnya dibawah ini
  1. Download LeWa OS rom disini, gunakan IDM agar lebih cepat proses downloadnya. Ukuran file sebesar 288MB
  2. Taruh file tadi di SDCard bagian luar saja, sehingga anda mudah mencarinya, tidak perlu dimasukkan ke dalam folder.
  3. File dalam format .zip, tidak perlu di extract ya. Cukup masukkan saja ke dalam SDCard. Gunakan kabel USB untuk mempercepat proses copi. 
  4. Setelah itu, masuk ke mode recovery, caranya seperti yang saya tuliskan diatas. 
  5. Setelah masuk, pilih menu wipe partition dan wipe cache untuk memastikan instalasi bersih. Jika tidak me-wipe, kemungkinan ada error ketika booting pertama kali. Saya sudah pernah mengalaminya, yaitu bootlogo, yaitu boot berhenti pada logo saja. 
  6. pilih menu backup dulu kalau sewaktu-waktu ada kesalahan. 
  7. setelah itu pilih install zip from SDcard. Cari file lewa rom tadi. Gunakan tombol volume untuk naik turun dan power untuk enter. 
  8. Setelah itu proses install berjalan. dan reboot ketika sudah selesai. Pada proses booting pertama kali akan terasa lama, bisa sampai 5 menit. Tapi itu normal kok. 
  9. Selesai
itulah beberapa langkah yang bisa digunakan untuk meng-custom rom android anda, khususnya Imo S89 Miracle. Jika anda belum berpengalaman, sebaiknya didampingi oleh orang yang lebih berpengalaman. 

1 comment :

  1. gagal saya tidak bisa install miui di imo s89, mohon sarannya soalnya langkah sudah saya ikutin

    ReplyDelete