Panduan Internet dan Teknologi untuk Kehidupan Manusia

IMO S89 Rusak IC Dalam Waktu 6 Bulan, Butuh Waktu Penyembuhan 3 Bulan

1 comment
Akhirnya IMO S89 yang saya banggakan dan saya gunakan tiap hari rusak juga. Tidak ada penyebab khusus kenapa ponsel imo s89 ini bisa rusak. Tiba-tiba saja tidak bisa terkoneksi ke jaringan 3G, meskipun sudah ganti kartu sim, pindah lokasi dan lain sebagainya. Tetap saja tidak bisa terkenoksi ke jaringan 3G. Bisanya hanya 2G.

Awal Kejadian 

Awalnya saya berniat untuk mengubah jaringan ke 2G, karena saya sedang di luar, sedangkan saya butuh HP tersebut tetap menyala agar orang bisa menghubungi saya. Sesampainya di rumah, saya ambil charger nya dan pindah ke jaringan 3G. Ternyata malah tidak dapat sinyal. Saya berkesimpulan mungkin baru tidak ada jaringan 3G. Tapi, modem GSM saya mendapatkan jaringan 3G. Aneh kan? tidak saya hiraukan, tetap saja pakai yang 2G, mungkin error.

Selang beberapa hari, kok sama sekali nggk dapat 3G. Bahkan ketika saya di kota. Wah, ini ada yang tidak beres. Imo S89 saya mungkin mengalami masalah. Langsung saja saya bawa ke service center imo di yogya. Posisinya di barat tugu, disamping service center samsung.

Setelah mondok 1 hari disana, saya di SMS bahwa kerusakan pada IC nya dan harus dibawa ke jakarta utuk di periksa lebih lanjut. Waktunya paling lama 3 bulan, paling cepat 1.5 bulan. Anjir.

Ponsel itu saya gunakan untuk mendukung bisnis online saya. Kebetulan saya pengelola beberapa toko online yang sibuk. Kalau HP itu di sita, gimana saya menjalankan bisnis saya. Sial deh.

Tidak ada jalan lain kecuali menyerahkan ke imo di jakarta. Kemungkinan besar akan diganti mainboardnya, karena mengganti 1 IC tidak akan menyelesaikan masalah, atau bahkan terlalu sulit untuk mengganti 1 IC. Mending ganti mainboardnya, lebih mudah dan praktis.

HP Imo S89 sebenarnya HP yang bagus, performa yang bagus tetapi daya tahan yang kurang kuat. Ini yang membedakan antara ponsel china atau ponsel lokal dengan branded seperti samsung, sony, lenovo, LG dan lain-lain.

Ponsel Lokal vs Merk Branded. 

Ketika akan membeli ponsel, orang akan memilih performa dan harga. Dan ada 1 lagi kriterianya, merk yang branded, seperti samsung dan lain-lain. Ponsel branded memiliki harga yang tinggi, performa yang bagus, daya tahan yang bagus dan layanan purna jual yang memuaskan. Sedangkan ponsel lokal, memiliki performa yang bagus, seperti ponsel branded, tetapi kurang memiliki ketahanan yang tinggi (durable) serta layanan purna jual yang kurang bagus. Jika terjadi kerusakan, waktu perbaikannya sangat lama.

Sebagai perbandingan, HP teman saya samsung, pecah LCD nya dan harus ganti. Itu hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 hari. Coba kalau ponsel lokal, bisa 1 tahun tuh. Sedangkan saya yang rusak IC nya, tinggal ganti mainboardnya butuh waktu 3 bulan. Memang, harga tidak menipu kok.

Ponsel branded dan non-branded memang memiliki performa yang sama. Bahkan ada lho ponsel non-branded yang mengalahkan ponsel branded, tetapi daya tahan komponennya, cara merakitnya, quality control yang menentukan kualitas produk tersebut memang bagusan yang ponsel branded. itulah kenapa disebut branded. Dan membagun brand itu sulit sekali.

Sekali lagi, harga itu tetap membawa kualitas. Jika IMO S89 setara kualitasnya dengan samsung, mereka pasti menjual dengan harga seperti samsung. Contohnya, OPPO. Mereka menjual ponsel china dengan harga yang tinggi. Paling murah 1.8 juta. Samsung ada yang dibawah itu. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum mengambil keputusan. 

Beli HP Baru, Lenovo S920

Akhirnya, imo memaksa saya untuk ganti HP baru, saya memilih lenovo S920. Saya akan mereview ponsel ini nanti, saya bikin artikel khusus Lenovo S920. Dulu saya pernah menggunakan lenovo S880 dan puas sekali. Tidak ada kendala sama sekali, dan saya jual karena ingin berganti yang quad-core. kemudian belilah imo s89. Tidak ada 6 bulan sudah down. Kalau dilihat-lihat, performa Lenovo S920 hampir sama dengan imo s89, jujur, hampir sama lho. bedanya lenovo s920 memiliki layar yang bagus, 5.3 inch dengan resolusi 1270 x 720 dan bentuk yang ramping, ringan dan tipis.

Semoga, Lenovo S920 ini bisa awet dan tidak mengalami masalah. Amin.

keywords : masalah dengan ponsel imo s89, daya tahan ponsel imo s89, komplain dengan service center imo, alamat service center imo di yogyakarta


1 comment :

  1. mgkin anda lgi kurang beruntung bung ,dapet produksi yg kurang baik.
    semua merek pasti ada produk gagalnya. bukan cuman non branded ,yg branded juga ada. hehe

    ReplyDelete